Senin, 28 Mei 2012

ANALISA TEKNO EKONOMI PENERAPAN SISTEM BUSBAR

Perancangan Instalasi Listrik dengan menggunakan sistem busbar trunking, banyak dipakai di dalam instalasi listrik di pabrik dan gedung bertingkat, sedangkan di dalam perancangan instalasi di kapal belum ada yang menerapkannya, di dalam perancangan instalasi listrik di kapal pada umumnya menggunakan cara konvesional yaitu medianya menggunakan kabel.
Pada penulisan tugas akhir akan dikaji secara teknis dan ekonomis mengenai perancangan instalasi listrik penerangan menggunakan system busbar dan membandingkannya dengan system konvensional pada kapal MT Avila. Hal ini meliputi kebutuhan penerangan, besarnya kebutuhan harga yang diperlukan dan desain  penginstalasiannya. Sebagai hasil yang diperoleh bahwa dalam perancangan instalasi listrik penerangan menggunakan busbar trunking ini kurang tepat apabila diterapkan pada kapal tanker (MT. Avila) kerena beban yang digunakan pada kapal tersebut tidak begitu besar sehingga cukup dengan menggunakan sistem konvensional saja. Dan untuk prosentase harga yang dikeluarkan lebih mahal 1,9 dari system konvensional


Suatu kemajuan teknologi di dalam dunia maritim terutama di bidang perkapalan di Indonesia harus dapat mengembangkan teknologi yang serba cepat, mudah dan effisiensi dalam merancang suatu kapal ataupun didalam pemakaian suatu kapal. Di dalam suatu kapal terdapat berbagai sistem misalnya sitem kelistrikan kapal dimana sistem ini mengatur tentang supply daya untuk semua beban yang diperlukan di kapal.
Sistem kelistrikan di kapal ini merupakan sistem yang sangat fital, ini di karenakan kebutuhan dari sistem penunjang dari sistem permesinan kapal, selain itu juga sistem ini merupakan sistem penunjang dari penerangan di kapal, selama beberapa tahun di dalam merencanakan sistem kelistrikan kapal menggunakan cara konvesional, dimana perancangan kelistrikannya menggunakan kabel. Pada beberapa tahun yang lalu telah Schneider Electric menemukan sistem Busbar Trunking (canalis), sistem Busbar Trunking merupakan alat yang menggunakan Conduit/Cable ladder sebagai pengganti pemakaian kabel, pemakaian dengan
sistem busbar trunking ini disainnya sangat fleksibel, perancangan instalasinya sangat mudah dan effisien. Sistem busbar ini telah dipakai di instalasi pada gedung bertingkat dan pendistribusian daya pada pabrik-pabrik, namun dalam perancangan instalasi listrik di kapal tidak ada yang menggunakan sistem busbar
trunking, baru-baru ini Schneider Electric mengembangkan sistem busbar trunking untuk dirancang di kapal, sistem ini sangat menguntungkan karena busbar trunking dapat menominalkan harga total dari pada dengan sistem konvesional, oleh karena itu sistem ini sangat baik jika dirancang di kapal karena dapat menominalkan harga dan membuat system menjadi lebih praktis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tambahkan Komentar Anda Disini..!!!